Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : 3. Memahami teks dengan membaca
intensif dan membaca sekilas
intensif dan membaca sekilas
Waktu
: 2 X 35
menit
MEMBACA
A. .Kompetensi Dasar
3.2 Menanggapi informasi kelompok/rubric khusus ( majalahanak,Koran
dll )
B.
Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Membaca intensif teks
bacaan
§ Siswa dapat Menyatakan pernyataan yang sesuai
dengan isi bacaan
§ Siswa dapat Mencatat informasi-informasi
penting dari bacaan
§ Siswa dapat Menanggapi
isi bacaan
v Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat
dan
perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung
jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty
)
C. Materi Pokok
- Teks
Bacaan
D. Pengalaman Belajar
- Kegiatan
Awal : Apersepsi
dan Motivasi
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang
akan
dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang tek
bacaan
yang akan
dibaca atau didengar
Kegiatan Inti :
A. EKSPLORASI
A. EKSPLORASI
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca intensif teks bacaan
B. ELABORASI
B. ELABORASI
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Menentukan
pernyataan yang sesuai
dengan
isi bacaan
- Mencatat
informasi
penting dari bacaan
- Menanggapi isi
bacaan
C. KONFIRMASI
C. KONFIRMASI
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru
bersama siswa
bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan
dan
penyimpulan
D. KEGIATAN PENUTUP
D. KEGIATAN PENUTUP
Dalam kegiatan penutup,
guru:
- Tanya jawab,diskusi,penugasan
- Membaca teks bacaan lain
/ buku bacaan yang relepan
E.
Metode/Sumber Belajar:
- Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan,
/Multi metode
- Sumber Belajar
: Buku
Bina Bahasa Indonesia Kelas
6 A Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
· Siswa membaca intensif teks bacaan
· Siswa menyatakan
pernyataan
yang
sesuai dengan
isi bacaan
· Siswa mencatat informasi- informasi penting dari bacaan
· Siswa menanggapi
isi bacaan
|
Lisan Tertulis Penugasan
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Buatlah
pernyataan yang sesuai dengan
isi bacaan !
· Buatlah
catatan informasi-
informasi penting dari bacaan!
|
FORMAT
KRITERIA PENILAIAN
& PRODUK ( HASIL DISKUSI )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian
besar benar
* sebagian
kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& PERFORMANSI
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Pengetahuan
|
* Pengetahuan
|
4
|
2.
3.
|
Praktek
Sikap
|
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif
Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor
: jumlah skor maksimal ) X
10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi
syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
Mengetahui
.......... ,2 1 Juli 2017
Plt.Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa indonesia
0 comments:
Post a Comment